Analysis of BPJS Patient Satisfaction Level of Health Services in Hospital X in Palembang City
Kata Kunci:
Kepuasan Pasien, Pelayanan Kesehatan, BPJSAbstrak
Era Globalisasi yang sedang di hadapi dalam bidang kesehatan menimbulkan persaingan bisnis rumah sakit semakin kompetitif tentang kinerja tenaga kesehatan dalam memenuhi kebutuhan pasien. Sehingga, diperlukan untuk mengukur kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan mengetahui gambaran tingkat kepuasan pasien BPJS terhadap pelayanan kesehatan di instalasi rawat jalan Rumah Sakit Swasta di kota Palembang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain survei deskriptif dengan pendekatan non eksperimental. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 responden dengan teknik pengambilan convinience sampling. Alat pengumpulan data yang diperoleh melalui kuesioner dengan menggunakan metode analisis impotance-performance analysis (IPA) dan uji kendall’s tau. Hasil penelitian diketahui tingkat harapan dari jawaban yang tertinggi adalah sangat penting sebanyak 44 responden (73,3%) yang terendah menjawab cukup penting sebanyak 1 responden (1,7%). Tingkat kenyataan dari jawaban yang tertinggi adalah baik sebanyak 36 responden (30,0%) dan yang terendah menjawab cukup baik sebanyak 4 responden (6,7%). Berdasarkan hasil analisis importance performance analysis didapatkan persebaran dari pernyataan tingkat harapan dan tingkat kenyataan dengan hasil terendah yaitu dengan nilai kesesuaian 82,88%. Sedangkan kategori tertinggi dengan nilai kesesuaian 91,21%. Ada pengaruh antara tingkat harapan dengan tingkat kenyataan kepuasan pasien terhadap pelayanan di instalasi rawat jalan dengan nilai p=0,027 yang berada <0,05.