GAMBARAN PELAYANAN FARM ASI KLINIK DAN TINGKAT KEPUASAAN PASIEN DI INSTALASI FARM ASI RUMAH SAKIT ERNALDI BAHAR PROVINSI SUM ATERA SELATAN

Penulis

  • Reza Agung Sriwijaya Prodi Sarjana Farmasi STIFI Bhakti Pertiwi
  • Hardianti Septiana sekolah tinggi ilmu farmasi bhakti pertiwi

DOI:

https://doi.org/10.61685/jibf.v9i2.128

Abstrak

Rumah Sakit Ernaldi Bahar adalah  pusat  rujukan  khusus  pasien  jiwa  milik pemerintah Provinsi Sumatera Selatan. Mereka  melayani  masyarakat  Provinsi  Sumatera Selatan, serta Provinsi  Jambi,  Bengkulu,  dan  Lampung.  Ada  5  Apoteker  di  sana,  namun hanya 1 Apoteker yang bertanggung jawab di pelayanan farmasi klinik rawat jalan. Penelitian non-eksperimental ini mengevaluasi kualitas pelayanan  farmasi  rawat  jalan  dan  kepuasan pasien. Menggunakan analisis kuantitatif dengan observasi dokumen, form checklist, dan kuesioner di instalasi farmasi  rumah  sakit  selama  12  hari.  Hasil  penelitian  menunjukkan aspek pengkajian dan pelayanan resep, informasi obat, dan  konseling  di  instalasi  farmasi mencapai 53,85% dalam kategori  cukup.  Kepuasan  pasien  rawat  jalan  mencapai  88,74% dalam kategori puas. Untuk optimalisasi pelayanan farmasi dan kepuasan pasien, diperlukan penambahan tenaga Apoteker sesuai ketentuan PMK No. 72 tahun 2016  tentang  Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit Ernaldi  Bahar  Provinsi  Sumatera  Selatan.  Juga, fasilitas di ruang tunggu  instalasi farmasi perlu  diperhatikan  seperti AC/kipas angin  dan  TV untuk meningkatkan kenyamanan pasien.

Kata Kunci : Pelayanan Farmasi Klinik, Kepuasan Pasien,apoteker

Unduhan

Diterbitkan

05-12-2024