GAMBARAN PELAYANAN FARM ASI KLINIK DAN TINGKAT KEPUASAAN PASIEN DI INSTALASI FARM ASI RUMAH SAKIT ERNALDI BAHAR PROVINSI SUM ATERA SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.61685/jibf.v9i2.128Abstrak
Rumah Sakit Ernaldi Bahar adalah pusat rujukan khusus pasien jiwa milik pemerintah Provinsi Sumatera Selatan. Mereka melayani masyarakat Provinsi Sumatera Selatan, serta Provinsi Jambi, Bengkulu, dan Lampung. Ada 5 Apoteker di sana, namun hanya 1 Apoteker yang bertanggung jawab di pelayanan farmasi klinik rawat jalan. Penelitian non-eksperimental ini mengevaluasi kualitas pelayanan farmasi rawat jalan dan kepuasan pasien. Menggunakan analisis kuantitatif dengan observasi dokumen, form checklist, dan kuesioner di instalasi farmasi rumah sakit selama 12 hari. Hasil penelitian menunjukkan aspek pengkajian dan pelayanan resep, informasi obat, dan konseling di instalasi farmasi mencapai 53,85% dalam kategori cukup. Kepuasan pasien rawat jalan mencapai 88,74% dalam kategori puas. Untuk optimalisasi pelayanan farmasi dan kepuasan pasien, diperlukan penambahan tenaga Apoteker sesuai ketentuan PMK No. 72 tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit Ernaldi Bahar Provinsi Sumatera Selatan. Juga, fasilitas di ruang tunggu instalasi farmasi perlu diperhatikan seperti AC/kipas angin dan TV untuk meningkatkan kenyamanan pasien.
Kata Kunci : Pelayanan Farmasi Klinik, Kepuasan Pasien,apoteker